4 months ago

kue-no oven.jpg

Untuk membuat kue baik kue basah atau kue kering umumnya menggunakan mixer sebagai pengaduk bahan atau komposisi kue tersebut dan butuh oven untuk memanggang atau mematangkan makanan tersebut. Akan tetapi, karena berbagai macam faktor misalnya karena oven rusak, maka mau tidak mau harus meninggalkan alat masak tersebut. Sebelum melakukan cara membuat kue tanpa oven, ketahui dahulu kesalahan dan tips yang tepat untuk membuatnya.

Baca Juga : 3 Faktor Yang Mempengaruhi Perbedaan Kinerja Oven Dan Pemanggang Alternatif Untuk Kue Anda

Kesalahan saat membuat kue kering tanpa menggunakan oven adalah:

• Mempergunakan gula pasir terlalu banyak karena hal tersebut justru bisa membuat kue menjadi mudah hangus. Untuk rasa manis tambahan bisa menggunakan susu bubuk, buah kering, coklat atau madu.
• Adonan kekurangan putih telur karena kurang perekat sehingga menyebabkan kue hancur.
• Mengolah adonan kue yang terlalu lama sehingga menyebabkan kue terlalu melebar saat dipanggang.
• Salah memilih bahan pengembang.
• Mempergunakan telur dari kulkas karena akan susah bercampur dengan adonan yang lainnya.
• Lupa untuk memoles permukaan kue misalnya menggunakan kuning telur.
• Kue langsung disimpan dalam kondisi panas.

Untuk menghindari kesalahan tersebut, berikut tips dasar yang bisa membantu Anda sebelum membuat aneka resep kue tanpa oven. Pertama adalah pastikan jika Anda menggunakan bahan-bahan yang berada dalam suhu ruangan. Hal ini disebabkan jika bahan yang Anda pergunakan tersebut termasuk telur dan mentega atau margarin atau butter dalam kondisi yang dingin akan membuat adonan susah bercampur. Jika hal tersebut tetap dilakukan maka kue bisa mengempis atau bantat. Jadi, keluarkan dahulu bahan yang akan Anda gunakan. Misalnya telur dari kulkas bisa dikeluarkan dan diamkan di suhu ruangan selama 30-40 menit.

Kedua adalah kurangi penggunaan telur. Walaupun telur berfungsi tidak hanya untuk rasa, aroma dan perekat namun terlalu banyak telur, apalagi yang tidak tercampur dengan merata, bisa mempengaruhi rasa dan bau kue sehingga kue menjadi kurang menarik. Jika Anda tidak menggunakan mixer maka mau tidak mau harus mengganti dengan bahan lain misalnya dengan tahu sutra atau chia seed yang telah direndam air. Jika Anda menggunakan mixer, Anda bisa lebih mudah dalam mencampur bahan.

Ketiga adalah menggunakan baking powder double acting. Dengan menggunakan bahan ini, Anda dapat meminimalisir kue yang bantat apalagi jika Anda kesulitan saat mengaduk tanpa mixer yaitu hanya dengan menggunakan spatula ataupun whisk. Keempat dalah haluskan atau lelehkan dahulu bahan padat yang akan Anda masukkan ke adonan misalnya margarin Blue Band. Cara ini dilakukan agar Anda lebih mudah untuk mengaduk dan mencampur secara merata.

Kelima adalah pastikan dahulu jika wajan atau panci yang akan Anda gunakan tersebut sudah bersuhu panas. Tidak berbeda dengan oven, penggunaan suhu yang panas akan sangat berpengaruh untuk menentukan hasil kue Anda. Akan tetapi, perhatikan juga besar kecil api, karena jika suhu terlalu panas dapat menyebabkan kue menjadi mudah kempis saat didinginkan.

Untuk mendapatkan kue dengan hasil yang baik walaupun tanpa oven, selain dengan memperhatikan tips di atas, Anda bisa mencari ragam resep atau cara membuat kue tanpa oven yang banyak ditemukan di internet atau buku masak. Jangan lupa menggunakan Blue Band Cake and Cookie yang akan membuat roti atau kue Anda memiliki bau yang harum layaknya menggunakan butter dan rasa yang lembut yang akan membuat Anda ingin mencobanya lagi dan lagi.

← Pilihan Menu Sarapan Pagi Lezat Dan Mudah Cara Buat Omelet Spesial Suka Sup Krim Jagung Tapi Ingin Pedas? Coba Resep Hot Creamy Corn Soup Ini →